Layanan IMB

STANDAR PELAYANAN PUBLIK

PELAYANAN IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN KHUSUS

UNTUK BANGUNAN TEMPAT TINGGAL 1 ( SATU ) LANTAI TIDAK BERTINGKAT 

(TIDAK DI JALAN NASIONAL, JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN DI PERKOTAAN)

DI KECAMATAN SAMBONG

  1. Dasar Hukum :
  1. Undang-undang Nomor : 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor : 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor :  5038);
  3. Undang-Undang  Nomor : 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor : 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor : 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor : 96   Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor : 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik;
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan
  6. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor :  05/PRT/M/2016 tentang Ijin Mendirikan Bangunan Gedung;
  7. Peraturan Daerah Kabupaten Blora  Nomor : 1  Tahun 2013 tentang  Retribusi
  8. Peraturan Daerah Kabupaten Blora  Nomor : 1 Tahun 2016 tentang Bangunan Gedung   
  9. Peraturan Bupati Blora Nomor : 79 Tahun 2016 perubahan ke dua atas Peraturan Bupati Blora Nomor : 27 tahun 2012 Tentang Pelimpahan sebagian wewenang Bupati kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora
  10. Persyaratan Pelayanan
  11. Surat Permohonan bermaterai Rp.6000.
  12. Foto copy KTP.
  13. Foto copy KK.
  14. Foto copy Sertifikat/Surat jual beli/sewa.
  15. Gambar Bangunan dengan skala 1:100 ( situasi, denah bangunan, tampak muka, tampak samping, potongan melintang, potongan membujur,detail konstruksi yang penting).
  16. Prosedur Pelayanan

Prosedur Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB ) :

  1. Semua berkas dimasukkan stof map kemudian diserahkan ke loket pelayanan
  2. Petugas mengecek permohonan ( apabila berkas belum lengkap, berkas dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi).
  3. Bilamana Berkas permohonan sudah lengkap dan Tim Pemeriksa Lokasi sudah lengkap kemudian di lakukan pengecekan lokasi (pemeriksaan terkait pesyaratan pendirian fisik bangunan dengan peraturan yang berlaku)
  4. Setelah pengecekan lokasi dan sudah dinyatakan sesuai oleh Tim Pemeriksa Lokasi dengan persyaratan dalam peraturan perundangan yang berlaku kemudian  diterbitkan Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB).
  5. Setelah IMB diterbitkan, pemohon wajib membayar retrebusi IMB ke Kas Daerah Kabupaten Blora.
  6. Setelah pemohon melunasi pembayaran retribusi, IMB diserahkan kepada pemohon.

 

  1. Jangka Waktu

Jangka waktu pelayanan penerbitan IMB selama 3 ( tiga ) hari kerja  terhitung sejak pemeriksaan lokasi dilaksanakan.

  1. Biaya/Tarif

Biaya berupa retribusi ini besarnya sesuai dengan ketentuan Perda yang berlaku.

  1. Produk Layanan

Produk pelayanan yang diberikan berupa  Ijin Mendirikan Bangunan khusus untuk bangunan tempat tinggal  1 ( satu ) lantai / tidak bertingkat tidak di Jalan Nasional ,Propinsi dan Kabupaten diperkotaan

  1. Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas
  1. Komputer.
  2. Meja dan Kursi
  3. Rak dokumen
  4. Telepon
  5. Printer
  6. Ruang tunggu (kursi,televisi)
  1. Kompetensi Pelaksana
  1. Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait dengan IMB
  2. Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik.
  3. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik.
  4. Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien
  5. Memiliki kemampuan kerja sama tim.
  6. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik.
  7. Berpenampilan rapi dan santun.
  8. Terampil dan ramah.
  1. Pengawasan Internal
  1. Supervisi dilakukan oleh atasan langsung.
  2. Sistem pengendalian Internal Pemerintah dan Pengawasan Fungsional dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Blora
  3. Monitoring dari DPMPTSP Kabupaten Blora.
  1. Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan

Pengaduan,saran,dan masukan dapat menyampaikannya dengan cara memasukkan materi aduan atau masukan ke dalam kotak pengaduan yang tersedia di Unit Pelayanan Kantor Kecamatan Sambong pada alamat Jalan Raya Cepu - Blora Km. 4 Sambong Telp. (0296) 425258.melalui Email kecamatan sambong yaitu kec_sambong@blorakab.go.id

  1. Jumlah Pelaksana

Petugas pelaksana pelayanan sebanyak 6 (enam ) orang  yang terdiri dari:

  1. Petugas Penerima dan pengecekan  berkas persyaratan ( 1 orang ).
  2. Tim pemeriksa lokasi bangunan ( 4 orang )
  3. Petugas pengetikan ( 1 orang ).
  1. Jaminan Pelayanan

IMB diterbitkan sesuai dengan batas waktu,dengan persyaratan dan prosedur serta biaya sesuai dengan yang telah ditentukan dalam standart pelayanan.

  1. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Pemohon dijamin keamanan dan keselamatannya selama pengurusan IMB di lingkungan Kecamatan Sambong.

  1. Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi penerapan standar pelayanan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan, untuk menjaga dan meningkatkan mutu kinerja pelayanan juga dilaksanakan Survai Kepuasan Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam) bulan sekali.

 

 

  


Info