Penerbitan KTP Elektronik

PENERBITAN KTP ( KARTU TANDA PENDUDUK )

 

1

Dasar Hukum

  • Perpres Nomor 25 Tahun 2008.
  • Perbub Nomor 72 Tahun 2008.

2

Persyaratan

  • Berusia 17 Tahun atau sudah/pernah menikah
  • Mengisi formulir permohonan KTP ditandatangani Kepala Desa
  • Foto copy Kartu keluarga ( KK)
  • Untuk Perpanjangan KTP, menyerahkan KTP asli.
  • Untuk KTP yang hilang, disertai surat kehilangan dari Kepolisian.
  • Datang langsung untuk difoto, dengan ketentuan :
  1. Penduduk yang lahir pada tahun ganjil, berlatar belakang warna merah.
  2. Penduduk yang lahir pada tahun genap, berlatar belakang warna biru.

3

Sistem, mekanisme dan prosedur

  • Pemohon menyerahkan surat permohonan pembuatan KTP dilengkapi dengan berkas persyaratan
  • Petugas meneliti kelengkapan berkas persyaratan, melakukan verifikasi dan identifikasi ke data base SIAK.
  • Operator computer  melakukan query  data pada system.
  • Pengambilan foto diri, sidik jari, iris mata pemohon dan tanda tangan.
  • Petugas mencetak KTP .
  • Pengarsipan Dokumen KTP.
  • Penyerahan KTP kepada pemohon.

4

Jangka waktu penyelesaian

1 jam ( jika berkas telah lengkap dan kondisi sarana prasarana mendukung / jaringan internet baik.)

5

Biaya/tarif

TIDAK DIPUNGUT BIAYA / GRATIS

6

Produk pelayanan

Penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

7

Kompetensi Pelaksana

  • Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Bisa mengoperasikan computer ( TI Adminduk ).
  • Teknik pelayanan prima.
  • Ramah, jujur, komunikatif dan bertanggungjawab.

8

Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Datang langsung atau melalui surat ke Kantor Kecamatan Sambong, Jalan Raya Cepu – Blora Km. 4 Sambong Kode Pos 58371
  2. Melalui telepon ( 0296) 425258.
  3. Kotak saran / aduan.

9

 

Jumlah pelaksana

 

1 ( satu ) orang

10

 

 

 

 

 

 

 

Jaminan pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

Sanksi Unit Kerja :

  • Apabila melebihi waktu yang ditentukan, pemohon dihubungi melalui telepon.

Sanksi Masyarakat :

  • Apabila persyaratan tidak lengkap atau ada data yang dipalsukan, pemohon ditolak dan pemohon diberikan pengarahan untuk mengajukan kembali.

11

 

 

Jaminan keamanan dan Keselamatan Pelayanan

 

Spesifikasi kertas khusus KTP, Cap stampel dan tanda tangan yang berwenang.

12

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Periodik 1 Minggu sekali sesuai standar pelayanan


Info